July 24, 2024

Kerygma Dalam Ragam Pewartaannya

Kerygma berasal dari bahasa Yunani yang berarti pewartaan kita, sebagai umat Kristen Katolik, dipanggil untuk membagikan kabar gembira dari pesan Injil. Tuhan mengasihi kita mempunyai rencana untuk hidup kita, tetapi karena dosa kita telah terpisah dari-Nya, dan satu-satunya yang dapat menyelamatkan kita adalah Yesus Kristus demikian di kutip dari sumber warta catholic.com

Kerygma merupakan bagian dari salah satu bidang dari 3 (tiga)   pilar gereja katolik yaitu Kerygma (pewartaan), Liturgia (liturgi atau peribadatan) dan Diakonia (pelayanan).

Di Paroki Minomartani Kerygma di bawah koordinasi ketua bidang Pewartaan Ibu Yustina Maryati terbagi menjadi 2 bagian yaitu FIB : Formasio Iman Berjenjang dan Non FIB.

Masing masing tim pelayanan bekerja sesuai tugas pelayanan mereka, adapun bidang pewartaan ini cukup beraneka rupa bentuk pelayanan menjadikan bidang pewartaan didapati para pewarta menjadi saling melengkapi dalam tugas pewartaannya.

Dalam FIB Formasio Iman Berjenjang terdiri dari :

PIOM Pendampingan Iman Orang Muda atau OMK Orang Muda Katolik, PIUD Pendampingan Iman Anak Usia Dini. PIA Pendampingan Iman Anak,  PIOD Pendampingan Iman Orang Dewasa

PIR Pendampingan Iman Remaja

PIUL Pendampingan Iman Usia Lanjut. Kegiatan dan tugas pelayanan di FIB disesuaikan jenjang umur.

Non FIB Tim Pelayanan : Katekis/ Kerasulan Kitab Suci, Evangelisasi, Inisiasi dan Katekumen, Promosi Panggilan dan Komunikasi Sosial (KOMSOS).

Dalam sub bidang Non FIB ini dijelaskan sebagai berikut :

Katekis / Kerasulan Kitab Suci : Tugas pewartaan yang berbasiskan Kitab Suci, terutama tugas rutin pada saat BKSN Bulan Kitab Suci Nasional

 

Evangelisasi : Tugas pewartaan di paroki ini lebih khusus pada Kursus Eavangelisasi Pribadi yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya.

 

Inisiasi dan Katekumen : Meliputi Inisiasi dan proses katekumen pada babptis bayi, anak dan dewasa, Penerimaan Sakramen Penguatan dan Komuni Pertama, para pewarta adalah guru agama, penyuluh dan katekis.

Promosi Panggilan : Tugas mewartakan dalam panggilan menjadi rohaniawan katolik , Suster Bruder dan Pastor.

Komunikasi Sosial : Pewartaan dalam bentuk multimedia offline maupun online, termasuk di dalamnya dokumentasi, multimedia pewartaan Live streaming dan warta website paroki.

Terima kasih para pewarta, talenta Tuhan yang telah dianugerahkan telah hadir dalam karya karya anda.

Semoga pewartaan kabar gembira Tuhan Yesus dan Kerajaan Allah menjadi semakin berkembang besar dan luas.

Reported by Komsos Minomartani

 

Paroki Minomartani