June 24, 2024

Jumat Agung – St Yusup Pekerja Condongcatur

Di dalam keheningan prosesi Ibadat Jumat Agung mengawali ibadat petang itu pukul 15 00 WIB di gereja St Yusup Pekerja Condongcatur, Jumat 7 April 2023.  Imam yang memimpin ibadat suci tersebut Romo  Anggras MSF , merebahkan diri dengan tertunduk dalam keheningan doa di depan altar.

Pasio

Ibadat Jumat Agung memang bukan ibadat biasa, saatnya kita mengenang penyaliban Tuhan Yesus dan wafatNya.

Selain mengenang wafat Yesus kita pun di ingatkan akan pengkhianatan orang terdekat Yesus yaitu Yudas Iskariot dan Simon Petrus. Kedekatan mereka lebih dari pada murid murid Yesus yang lain. Yudas mendapat kepercayaan memegang perbendaharaan sementara Simon Petrus hampir tidak pernah lepas menngikuti Yesus kemanapun.

Keduanya telah mengecewakan Yesus dengan tindakannya, Yudas mengkhianati dengan menyerahkan Yesus untuk diadili banyak orang, dan Petruspun telah menyangkal Yesus tiga kali. Akan tetapi yang membedakan dari keduanya adalah Yudas memilih untuk makin dalam meratapi dosa dosanya sementara Petrus setelah mendengar ayam berkokok tiga kali menyesali dosanya dan kemudian memperbaiki sikap hidupnya untuk kemudian menjadi pewarta Kristus.

Sikap yang pantas jadi teladan bagi kita untuk beriman seperti Santo Petrus. Hal tersebut tersirat dalam homili Pastor Anggras sebelum Doa umat meriah dan upacara Penghormatan Salib.

Penghormatan Salib

Persiapan Komuni

Berkat untuk anak anak

Koor Wilayah Betlehem

Ibadat di tutup dengan Berkat dari Pastor dilanjutkan prosesi penutup dalam keheningan pula.

Salam “Good Friday”

Romo Anggras MSF & Frater Iren MSF

 

Reported by Komsos Minomartani

Paroki Minomartani