July 13, 2024

Kamis Putih “Mewujudkan Nyata Cinta Kasih”

Perayaan Ekaristi Kamis Putih di Paroki Minomartani terlaksana di kedua gereja yaitu St Yusup Pekerja Condongcatur pada Kamis pukul 17 00 di pimpin oleh Romo Anggras, MSF, di Gereja St Petrus & Paulus Minomartani dengan dua kali Misa, Misa pertama di hunjukkan oleh Pastor Paroki Minomartani MC Sadana MSF kemudian misa kedua oleh Romo Martinus Kleruk, MSF.

Kamis Putih selalu disimbolkan dalam salah satu adat budaya orang Yahudi yaitu pembasuhan kaki,  ini memperlihatkan betapa Tuhan Yesus menyerahkan total diri pada apa kehendak Bapanya dan juga penyerahan diri total pada kita umatnya pada Ekaristi setiap harinya.

Pembasuhan kaki juga pembersihan diri seperti yang dikatakan Kristus bahwa “tidak semua kamu bersih”  dan kadang kita bisa menjadi mengkhianati Tuhan, hal ini di sampaikan dalam awal homili Romo Sadana MSF di petang hari tersebut.

Romo Sadana MSF
Romo Sadana MSF

Pesan Kamis Putih  Mewujudkan nyata cinta kasih Tuhan dalam komuni sebagai tujuan hendaknya di capai dengan iman dengan wujud mencintai Ekaristi setiap harinya.

Romo Martinus Kleruk MSF
Romo Martinus Kleruk MSF

Dalam misa yang kedua di malam harinya pukul 20 00 Romo Martinus Kleruk, MSF juga berbicara tentang cinta kasih, bahwasanya tidak ada jalan cinta kasih karena cinta kasih adalah sesuatu tuntunan bagi kehidupan iman kita.

Pembasuhan kaki

Pada Perayaan Ekaristi Kamis Putih setelah doa komuni dilakukan Perarakan Sakramen Mahakudus  dengan lentera dan dan dupa menuju tempat penyimpanan dimana para umat bergiliran akan melaksanakan tuguran di depan Sakramen Mahakudus.

Reported by Komsos Minomartani

 

Paroki Minomartani