July 13, 2024

Kunjungan Vihara Mendut

Vihara Buddha Mendut terletak bersebelahan dengan Candi Mendut tepatnya di desa Mendut, kecamatan Mungkid Kabupaten magelang jawa Tengah.

Minggu 7 Mei 2023, OMK (Orang Muda Katolik), anggota misdinar, panitia HUT Paroki ke-25 beserta Romo Sadana MSF juga Romo Anggras MSF mengunjungi vihara ini. Kunjungan ini merupakan salah satu acara yang telah diagendakan oleh Panitia HUT Paroki Minomartani yang ke-25.

Berangkat dari Minomartani menuju Komplek Vihara Buddha Mendut ini di sambut oleh Bhante Abhijato. Sekilas tentang ajaran Budha telah dipaparkan kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab.

Pada intinya ada 4 empat sifat kasih yang luhur (Brahmavihara) yaitu :

  1. Cinta Kasih (Metta)
  2. Kasih Sayang /Belas Kasih (Karuna)
  3. Simpati  / turut bahagia atas kebahagian orang lain (Mudita)
  4. Batin tenang/ seimbang tidak terpengaruh (Upkekka)

Ajaran yang tidak berbeda jauh dengan ajaran Yesus Kristus tentang cinta kasih

Setelah tengah hari tour vihara, mengenal komplek vihara dan isinya. Dari Gapura Hening yang merupakan replika gapura dari Angkor Wat Cambodia

, pohon bunga Sala / canonball flower yang merupakan bunga langka dan unik mekar dan gugur dalam satu hari, beberapa rupang/arca Budha dalam berbagai bentuk, pohon Bodhi, ruang meditasi dan taman.

Bunga Sala / Canon ball Flower

Konon dulu area vihara ini adalah Asrama atau sekolah kaum perempuan di bawah asuhan para suster Fransiskan/ Kongregasi suster OSF dan dalam perjalanan waktu di beli oleh pengelola vihara ini.

Tour Vihara ini di akhiri dengan mengunjungi Candi Mendut di mana di dalam candi tersebut terdapat tiga arca besar Arca Dyani Budha Cakyamuni atau Vairocana, Arca Budha Avalokitesvara atau Lokesvara, dan Arca Bodhisatva Vajrapani,

pengunjung dilarang menyentuh arca maupun relief di candi Mendut di tujukan agar tidak merusak karena sentuhan tangan manusia bisa menyebabkan reaksi buruk terhadap situs situs sejarah ini.

Relief yang berada di candi ini menceritakan berbagai kisah dewa dewi dan fabel, hampir semua memberi pesan tentang kebijaksanaan.

Reported by Komsos Minomartani 

Paroki Minomartani