June 24, 2024

Pembekalan Pemandu Adven 2023

MENANTIKAN RAJA DAMAI UNTUK INDONESIA DAMAI

Dalam mempersiapkan Adventus (masa penantian) akan juru selamat Yesus Kristus, nilai kedamaian menjadi permenungan di masa adven tahun 2023 ini.

Para pemandu yang merupakan wakil wakil dari lingkungan yang akan memandu pertemuan adven di lingkungan masing masing di Paroki Minomartani, menghadiri pertemuan di ruang Fransiskus untuk mendapatkan pembekalan.

Pertemuan pembekalan pada Rabu 29 November 2023 di mulai pukul 18 30 WIB. Setelah pembukaan, doa dan pujian dipimpin oleh Timpel Kitab Suci Ibu Endang Dwi Wiliastuty

dilanjutkan Romo Fransiscus Anggras, MSF mengawali pembekalan dengan memberikan pengantar dan penjelasan singkat makna kedamaian, minggu menjelang adven yang terbagi atas 4 minggu yang mempunyai makna tersendiri

Minggu Adven Pertama: Minggu Harapan mengajak umat untuk berjaga jaga menantikan kedatangan Sang Raja Damai.

Minggu Adven Kedua: Minggu Kesetiaan dan Kasih, mengajak umat untuk bersetia dan semakin mampu menghadirkan kasih dalam semangat tobat.

Minggu Adven Ketiga: Minggu ini juga dikenal sebagai Minggu Gaudete, yang menggambarkan suka cita menyambut kelahiran Yesus Kristus Sang Raja Damai. Pada minggu ini lilin berwarna merah muda dinyalakan.

Minggu Adven Keempat: Minggu Kedamaian, mengajak umat untuk bersiap menyongsong hadirnya Sang Raja Damai dengan komitmen dan tindakan tindakan nyata.  Pada minggu ini, lilin ungu terakhir dinyalakan bersamaan dengan 3 batang lilin sebelumnya.

Romo Anggras menekankan pada makna ‘Damai’ dikarenakan kata agama itu sendiri adalah berasal dari bahasa Sansekerta dimana  a dan gama, a berarti tidak kemudian gama berarti kacau, ricuh atau kocar kacir. Jadi agama sudah berarti damai.

Disampaikannya juga perihal pentingnya pendalaman adven di setiap minggunya atau berkala agar iman kita bisa berproses dengan baik. Kita harus menjadi terang, garam dan ragi bagi bangsa.

Penyalaan ritus Adven disatukan dalam perayaan Ekaristi Minggu Adven di Gereja.

Pembekalan pada Pertemuan I disampaikan oleh Bapak Agustinus Tri Geovani. Pembekalan pada Pertemuan II disampaikan oleh Bapak Heribertus Nugroho Supriyanto, Pembekalan pada Pertemuan III disampaikan oleh Ibu Theresia Widijanti. Pembekalan pada Pertemuan IV disampaikan oleh Ibu Yosephine Isana Supiah

 

Reported by Komsos Minomartani

Paroki Minomartani