June 25, 2024

Menimba Spiritualitas St Petrus dan Paulus

St Petrus dan Paulus adalah nama santo pelindung Paroki Minomartani sejak 1 Agustus 1998. Dalam mengurai sejarah paroki ini, spiritualitas st Petrus dan Paulus belum pernah secara resmi dituangkan dalam bentuk penyampaian tertentu.

Untuk menimba spiritualitas St Petrus & Paulus, Pastor Paroki Romo MC Sadana MSF dan Romo Anggras MSF beserta Tim dari bidang pewartaan menerbitkan buku panduan yang berjudul  “Diutus Menjadi Rasul Masa Kini

Tujuan buku ini disusun adalah sebagai ungkapan rasa syukur peringatan 25 tahun Paroki Minomartani sehingga spiritualitas St Petrus dan Paulus dapat “sampai” kepada umat Paroki Minomartani yang saat ini terdiri dari 27 lingkungan.

Sehingga pada tanggal 31 Mei dimulai pukul 19 00 waktu setempat di ruang Fransiskus, Pembekalan spiritualitas St Petrus & Paulus dimulai kepada para pemandu yang adalah wakil dari tiap lingkungan.

Acara dipandu oleh para anggota timyan pewartaan, setelah opening, sambutan dari ketua DPH Bapak Tarsisius Sarkim, Romo Sadana mengawali dengan : mengenal kedua rasul tersebut dan menjelaskan sekilas tentang riwayat hidup St Petrus dan Paulus serta bahwasanya kita dapat di utus menjadi rasul rasul masa kini, bagaimana caranya, salah satunya dengan mendalami menimba spritualitas St Petrus & Paulus.

Acara ini terbagi menjadi 4 sesi pembekalan sesuai dengan isi buku yang terdiri dari panduan untuk 4(empat) kali pertemuan yaitu :

  • Pertemuan ke-1 : Tangguh Dalam Kristus
  • Pertemuan ke-2 : Hidup di Dalam Kristus
  • Pertemuan ke-3 : Spritualitas St Petrus dan Paulus dalam hidup menggereja
  • Pertemuan ke-4 : Melaksanakan Tugas Perutusan.

Pembekalan pertemuan ke-1 dan ke-2 oleh Ibu Endang Donoroto, pertemuan ke-3 oleh Bapak Tri Geovani dan pertemuan ke-4 oleh Bapak Nugroho Supriyanto.

Secara keseluruhan dari empat pertemuan tersebut tujuan dari pertemuan adalah mengajak umat untuk merenungkan spritualitas St Petrus & Paulus, menginternalisasi dalam kehidupan, mensyukuri, menyadari spiritualitas tersebut, melakukan aksi nyata, berpartisipasi secara konkrit dan menjawab panggilan untuk menjadi rasul rasul di masa kini.

Setelah pertemuan pembekalan di harapkan para pemandu yang telah terbekali dapat melanjutkan menjadi rasul rasul masa kini dengan mengadakan pertemuan di lingkungan masing masing sesuai dengan semangat spritualitas rasul rasul pelindung paroki kita, Paroki Minomartani. 

Mari kita terlibat secara wujud nyata, memulai belajar untuk menjadi rasul rasul masa kini

Reported by Komsos Minomartani 

Paroki Minomartani