Tata Cara Peribadatan New Normal Bagi Umat

Tata Cara Peribadatan New Normal Bagi Umat

Tata Cara untuk Umat :

1. Misa sesuai dengan jadwal wilayah. Umat dari luar wilayah dan luar paroki tidak diperkenankan datang di luar jatah wilayahnya.
2. Umat silahkan membawa buku Madah Bakti sendiri
Ke gereja dalam kondisi sehat dan menggunakan masker

3. Umat 30 menit sebelum Misa dimulai, harus sudah ada di gerejaUmat datang membawa Kartu Pas  sesuai dengan warna wilayah. Umat yang tidak membawa kartu pas  atau kartunya berbeda warna, tidak diperkenankan masuk ke dalam gereja/pulang.

4. Setelah parkir kendaraan,  mengukur suhu (oleh petugas) Bila suhu badan 37,5 C tidak diperkenankan masuk gereja dan mengikuti Misa/pulang, apabila suhu badan di bawah 37.5 C boleh  memasuki halaman , umat diharapkan sudah mempersiapkan uang Kolekte dalam amplop/plastik, dan dimasukkan ke dalam Kotak yang disediakan petugas, lalu mencuci tangan di tempat yang sudah di sediakan

kemudian menunjukkan Kartu Pas kepada petugas untuk di lakukan penge-check-kan Barcode

5. Duduk di bangku dengan memperhatikan jarak (satu bangku berdua atau sendiri, jarak antar bangku 1,5 meter) Bangku bangku tersebut sudah di tandai dan ada petugas tata laksana yang akan memandu Silahkan umat membawa hand sanitizer sendiri

6. Ketika maju menyambut Komuni suci, berbaris satu deret saja ke belakang, bergantian umat sebelah kanan dulu: setelah selesai baru bergantian umat sebelah kiri. Kalau yang di sayap maju menurut urutan paling depan.
7.  Selama perayaan Ekaristi tidak ada yang berlutut. Hanya berdiri dan duduk
8. Menghindari kontak fisik, menjaga jarak, tidak bersalaman dan tetap memakai masker.
9. Seusai Misa, umat segera pulang dengan tertib, tidak bergerombol dan ngobrol. Gereja akan segera dibersihkan lagi, untuk persiapan Misa berikutnya.
10. Setelah Misa tidak ada umat yang berdoa di depan gua Maria
11. Umat usia 65 tahun ke atas, ibu hamil serta anak-anak yang belum komuni tidak diperkenankan ke gereja, silahkan mengikuti Misa secara live streaming di rumah (akan jadwalkan )
12.  Umat bisa juga memberi kolekte persembahan dengan transfer ke rekening paroki


Pengambilan gambar Video Simulasi Tata Cara Peribadatan New Normal bekerjasama dengan BNPB (Badan Penanggulangan Bencana) DIY Daerah Istimewa Yogyakarta dipandu oleh Bp Tri Geovani.