July 13, 2024

Sambut Bulan Kitab Suci Nasional 2023

BKSN adalah Bulan Kitab Suci Nasional yaitu bulan bagi umat katolik untuk mendalami isi kitab suci. Sesuai pesan dari Romo Anggras MSF saat Misa sore di gereja St Yusup Condongcatur Sabtu 2 September 2023, bahwa kita akan memulai Bulan Kitab Suci Nasional 2023. Tahun ini kita akan membaca 2 kitab yaitu Kitab Yoel dan Yunus ujar Romo Anggras pada awal misa tersebut. Pendalaman BKSN dari 2 kitab ini akan dilaksanakan di dalam pertemuan pertemuan di setiap lingkungan di Paroki Minomartani di bulan September ini.

Setelah sebelumnya ada pembekalan BKSN bagi pemandu pemandu lingkungan pada tanggal 27 Agustus 2023 minggu lalu. Tema BKSN tahun ini adalah : Allah Sumber Kasih dan Keselamatan.

Berdasarkan Kitab Yunus bab 4 ayat 2 yang berbunyi “Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia”  


Pendalaman Kitab Suci kali ini terdiri dari 4 sub tema / pertemuan.

  1. Pertemuan Pertama Kasih Allah Menggerakkan Evangelisasi Diri ( YUN 1:1-17), dalam pertemuan pertama ini kita diajak untuk melihat kedalam diri kita pribadi, dimana evangelisasi dalam pewartaan berarti membawa Kabar Baik kepada seluruh tingkatan sesama kita manusia.
  2. Pertemuan Kedua Kasih Allah Menggerakkan Pertobatan ( YUN 4:1-11) Pertobatan  mengajak kita semakin menyadari kasih Allah yang dalam dan luas, tertuju untuk semua orang terlebih lagi bagi yang ingin bertobat.
  3. Pertemuan Ketiga Kasih Allah Menyelamatkan ( YL 2:23-27) Seperti Allah yang berjanji melalui Nabi Yoel, Ia tak akan tinggal diam dan akan memberikan apa yang dibutuhkan umatNya serta memulihkan hidup kita.
  4. Pertemuan Keempat Kasih Allah Mempersatukan (YL 2:28-32) Salah satu cara Allah mempersatukan manusia adalah semua umat beriman dicurahi oleh Roh Kudus, karena Roh-Nya sendiri dalam kehadirannya tidak memandang perbedaan manusia baik dari segi ide, bahasa, budaya dan bangsa.


Adapun di Gereja St Petrus & Paulus keesokan harinya pesan dimulainya Bulan Kitab Suci Nasional BKSN 2023 juga di sampaikan oleh Romo Sadana MSF di Misa pagi Minggu 3 September 2023.

Paroki Minomartani