April 25, 2024

Bunda Maria La Salette

Maria La Salette : Pada hari Sabtu, 19 September 1846, sekitar jam 3 sore, dua orang penggembala muda, Mélanie Mathieu (atau Mélanie Calvat) yang berusia di bawah lima belas tahun, dan Maximin Giraud (kadang disebut Mémin, atau Germain) yang pada waktu itu berusia sekitar sebelas tahun, mereka menjaga ternak mereka di gunung dekat desa La Salette-Fallavaux Perancis, desa yang di kala itu dilanda wabah kelaparan di karenakan usai perang dan kemiskinan penduduk di daerah tersebut .

Mereka melihat penampakan “Sang Bunda” yang tampak menangis, dengan mengenakan mahkota berhias rangkaian mawar di sekililingnya, bergaun dengan kilau cahaya serta alas kaki berpinggiran bunga bunga mawar,

Ia mengenakan kalung salib emas dengan paku palang dan penjepit serta di sekeliling pundaknya terbeban rantai yang berat. Bunda di La Salette berpesan melalui mereka berdua kepada umat manusia tentang keprihatinannya pada situasi saat itu dan menyerukan untuk mulai bertobat.

Pada malam harinya, mereka melaporkan  kepada tuan mereka bahwa telah melihat seorang wanita menangis saat berbicara dengan mereka. Janda Pra (juga dikenal sebagai janda Caron), istri tuan mereka, mengira bahwa mereka telah melihat “Perawan Terberkati” dan anak-anak tersebut didesak untuk menceritakan semuanya kepada pastor paroki La Salette saat itu.

Kedua anak tersebut melaksanakan apa yang sikehendaki tuannya, keesokan harinya mereka menemui Imam di La Salette pada Minggu pagi. Imam itu menangis karena haru setelah mendengarnya, kemudian mencatat dan, lagi-lagi sambil berlinang air mata, menjelaskan apa yang telah diberitahukan kepadanya, dalam khotbahnya.

Demikian kisah singkat  tentang penampakkan Bunda Maria di La Sallete, kisah tersebut menggerakkan hati Pater Jean Berthier MS untuk meneruskan pesan pertobatan ke seluruh dunia melalui konggregasi yang beliau dirikan yaitu  Missionaris a Sacra Familia MSF atau Konggegrasi misionaris Keluarga Kudus.

Paroki Minomartani adalah salah satu gereja yang di layani oleh imam imam dari MSF, pada tanggal 19 September 2023 merayakan peringatan Bunda Maria La Salette pada Misa pagi dipimpin oleh Romo MC Sadana Hadiwardaya, MSF. Maria La Salette adalah santa pelindung konggregasi MSF.

Saresehan tentang Bunda Maria La Salette pun diadakan oleh Kerabat MSF di beberapa hari kemudian. Pencerahan diberikan oleh Romo Sadana MSF.

Written by Komsos Minomartani

Source : Wikipedia, Fokus Minomartani

Paroki Minomartani