April 25, 2024

Rangkaian Penerimaan Sakramen Penguatan 2021

Rangkaian Penerimaan Sakramen Penguatan 2020/2021

  1. Pendampingan

Pendampingan bagi peserta tahun 2020 telah dilaksanakan pada tahun 2020, Pendampingan bagi peserta tahun 2021 telah dilaksanakan pada tahun 2021 mulai pertengahan bulan  Juni dengan total 8 (delapan) pertemuan  sebanyak 4 (empat) kali tatap muka dan  4 (empat) kali secara daring menggunakan aplikasi Zoom meeting.

Kelas pendampingan dibagi menjadi 2 (dua) kelas remaja dan kelas dewasa sehingga total peserta dewasa adalah sebanyak 32 dan remaja sebanyak 45 peserta.

Para pendamping dan katekis tergabung dalam Tim Pelayanan Inisiasi yang merupakan bagian dari Bidang Pewartaan Paroki Minomartani, dalam koordinasi Ibu Yustina Maryati.

 

 

  1. Wawanhati

Wawanhati, bincang bincang secara virtual pada tanggal 20 Agustus 2021, telah dilalui dengan kehadiran Bp Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko, para peserta, pendamping, ketua lingkungan, Dewan Pastoral Harian dan beberapa tokoh masyarakat dan tentunya Pastor Paroki Romo Antonius Gunardi MSF dan Romo Vikaris Andrianus Sulistyono, MSF yang dalam pembagian tugas pastoral adalah sebagai pembina Bidang Pewartaan Paroki Minomartani. Acara ini menurut beberapa kesan dari para peserta cukup menguatkan para peserta dan bertambah harapan akan segera menerima sakramen penguatan. 

 

  1. Rekoleksi

Di sela kesibukan para peserta khususnya peserta dewasa yang bekerja sebagai karyawan, pengusaha dan mahasiswa kami panitia kecil dari tim inisiasi mengadakan acara Rekoleksi persiapan penerimaan Sakramen Penguatan pada tanggal 2-3 Oktober 2021 yang jatuh pada hari Sabtu dan Minggu. Dalam 2 (dua) hari tersebut di kedua gereja St Petrus Paulus Minomartani dan gereja St Yusup Pekerja Condongcatur. Pertemuan di buat menjadi 4 sesi yang diberikan oleh para pendamping yang di bagi menjadi 4(empat)  tim.

Tema Rekoleksi adalah : 

2 Oktober 2021 Tema : Aku Anak Allah

3 Oktober 2021 Tema : Aku Anak Tuhan Yang Diberkati & Diutus

 

Rekoleksi tersebut diakhiri dengan Misa Persiapan Penerimaan Sakramen Penguatan pada Minggu 3 Oktober 2021 pukul 11 30, oleh Romo Andrianus Sulistyono, MSF dihadiri peserta rekoleksi dan para pendamping serta panitia persiapan penerimaan sakramen penguatan.

  1. Sakramen Tobat

Sakramen Rekonsiliasi diberikan pada seluruh peserta di tanggal 2 Oktober 2021 di gereja St Yusup Pekerja Condongcatur dan tanggal 3 Oktober 2021 di gereja St Petrus dan Paulus Minomartani di kedua hari tersebut oleh Romo Andrianus Sulistyono, MSF

 

  1. Novena Roh Kudus

Untuk mempersiapkan hati dan kekuatan iman para peserta, Doa Novena Mohon Roh Kudus bersama sama didoakan selama 9 hari berturut turut, para peserta dan pendamping menggunakan fasilitas aplikasi Zoom meeting setiap pukul 19 WIB. setelah Novena ada sedikit renungan dari pendamping yang bertugas dan didahului pembacaan ayat dari Injil.

  1. Persiapan Ekaristi Penerimaan Sakramen Penguatan

Persiapan dilakukan panitia yang melibatkan petugas liturgi, Tim pelayanan koor, Tim inisiasi, Tim Fokus (bagian dari Komsos) dan OMK. Misa akan disiarkan secara Live streaming melalui channel youtube Fokus Minomartani dan di relay di website Paroki Minomartani

Paroki Minomartani