June 25, 2024

Renungan Minggu IV Adven : Immanuel

Minggu IV Adven adalah minggu terakhir menjelang adven di tahun 2022 ini, warta yang di bawa oleh malaikat kepada Maria dan Yusup bahwa Maria akan mengandung dan melahirkan serta harus menamai anaknya Yesus. Telah disebutkan dalam kitab Yesaya 7:14  Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. Dan dalam Injil Matius 1 : 23: Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki , dan mereka akan menamakan Dia Imanuel yang berarti: Allah menyertai kita. Imanuel menjadi kata kunci pada renungan kita minggu ini

Dalam homilinya Pastor Fransiscus Anggras Prijatno, MSF pada Misa pagi 18 Desember’22, bersamaan dengan Misa Pembaharuan Janji Perkawinan bagi 58 pasangan suami istri yang merayakan hari ulang tahunnya pada bulan November dan Desember, menyatakan keprihatinan di dalam keluarga keluarga katolik.

Keprihatinan yang banyak didapati adalah Allah telah diambil dari keluarga keluarga, dimana telah digerus dan di sibukkan  oleh hal ekonomi dan teknologi, kebersamaan yang seharusnya tetap dan selalu dalam keluarga, makan bersama, doa bersama dan merayakan Ekaristi bersama datang ke gereja semakin jarang ditemui.

Romo Anggras mengajak kita para keluarga dengan harapan untuk mengembalikan Imanuel Allah beserta manusia melalui kita di tengah tengah keluarga.  Jangan kita hilangkan cinta Allah yang luar biasa yang telah memberikan sang Putra untuk manusia,  karena Yesus telah bersabda pula pada Matius 18 : 20   Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.

Romo berpesan : Semoga kita dibantu oleh Roh Kudus, mengembalikan kembali Allah di tengah tengah keluarga, yang saat ini mengalami krisis sehingga Allah hilang di tengah tengah keluarga di zaman modern ini, tugas kita adalah mengembalikan Allah di tengah keluarga kita masing masing.

Proficiat bagi yang merayakan Hari Ulang Tahun Perkawinan bulan November dan Desember’22 

Selamat Minggu Adven IV ; Immanuel “Allah Beserta Kita” † 

Komsos Minomartani
Paroki Minomartani