May 26, 2024

Yesus Kau Andalanku

Yesus Kau Andalanku” atau Yesus I trust in You adalah sebaris kata yang terucap di Minggu Kerahiman Illahi pada Minggu kedua Paskah di Paroki Minomartani dan juga diucapkan seluruh umat Katolik di dunia.


Pada Minggu Paskah II ditetapkan oleh Paus Yohanes II di tahun 2000 sebagai Minggu Kerahiman oleh karena Yesus menampakkan diri pada St Faustina dari Polandia, yang kebetulan Bapa suci Paus saat itu berasal dari Polandia juga. Romo Anggras MSF di Perayaan Ekaristi Sabtu petang 6 April’26 tersebut menjelaskannya.


Kerahiman yang berasal dari kata rahim yang berarti melindungi, menjaga, memberi kehangatan dan kenyamanan, disinilah Yesus layaklah menjadi harapan dan perlindungan serta pengampunan dari segala kesalahan atau dosa kita serta segala sesuatu yang tidak berkenan di hadapan Tuhan.


Terlebih sebagai manusia yang lebih percaya dengan apa yang dilihatnya, seperti Thomas yang dalam Injil seorang murid yang tidak dengan mudahnya percaya akan Yesus yang bangkit. Thomaslah mewakili sebagian kita manusia dengan sifat dan tindakkannya, sehingga Yesus bersabda : Berbahagialah yang tidak melihat namun percaya.

Sebelum Misa dimulai para anggota Komunitas Kerahiman Illahi Paroki Minomartani menutup Novena menjelang Minggu Kerahiman Illahi. Komunitas ini adalah komunitas yang berdevosi khusus pada Santa Faustina dari Kowaska Polandia.

Paroki Minomartani