May 26, 2024

Vigili Paskah 2024

Saat merasakan kegelapan di gua makam, ingatlah… kembalilah ke Galilea…

Cahaya lilin Paskah dinyalakan dibagikan keseluruh umat, sesaat setelah tiada cahaya. Kristus cahaya dunia, Syukur kepada Allah

Sabtu, 30 Maret’24 Gereja St Yusup Pekerja Condongcatur. Di depan menuju altar upacara mulia pembuka Vigili petang itu dipimpin oleh Romo Marcus Crisinus Sadana Hadiwardaya, MSF didampingi oleh Diakon Stefanus Krisna MSF dilanjutkan perarakan lilin Paskah.

Setelah bacaan dari Kitab Kejadian tentang Kisah Penciptaan dunia, Kitab Keluaran Saat Tuhan menyelamatkan bangsa Israel dari orang Mesir, Nubuat Yehezkiel, dilanjutkan Injil Markus yang mewartakan kebangkitan Yesus Tuhan.

Homili Vigili malam itu Romo Sadana membangkitkan nurani iman para umat tentang kebangkitan Tuhan, di saat kita merasakan kesedihan, penderitaan dan dapat dikatakan kegelapan dalam kehidupan kita, ingatlah, kembalilah ke Galilea, mengapa Galilea.. ?

karena di situlah awal Tuhan berkarya, bertemu para muridNya, kasih cinta Tuhan yang pertama adanya.

Demikian kita jika tiba pada titik tertentu kehidupan iman yang mulai suram bahkan cenderung menjadi gelap… kembalilah ke Galilea,, ingatlah saat pertama kali cinta Tuhan menyapa kita.

Tuhan akan membuka pintu gua, memberi cercah cahaya yang akan menyinari kita dan dunia. Seperti pada Injil Markus malam itu, Tuhanlah yang membuka pintu makam yang gelap itu.

Selamat tirakatan menjelang Paskah esok pagi, Berkat Tuhan menanti

Reported by Komsos Minomartani

Paroki Minomartani