July 13, 2024

Cerpen Renungan: Memberikan yang Menjadi Hak Orang Lain

[Parokiminomartani.com] –  Tinul memang kalau pagi paling sibuk di dapur maka si Dul berinisiatif membatu apa yang dikerjakan Tinul karena di sudah selesai menyapu halaman depan rumah. ” tak bantu ya Nul…” kata si Dul ketika masuk di dapur.

Tinul :” wah makasih banyak Dul … emang nyapunya sudah selesai”.

Dul :” ya pastilah Nul … kalau belum selesai ya ga mungkin aku ada di sini”.

Tinul :” siiiip kalau gitu …biar lebih cepat selesainya…”.

Dul :” iya Nul… terus mana yang harus aku kerjakan Nul “.

Tinul :” lha opo ya Dul… lha wis arep rampung je….”.

Dul :” ya wis tak kancani wae ya Nul…”.

Tinul :” ya ora opo Dul… tapi sambil nyuci panci-panci itu juga ga apa lho Dul”.

Dul :” siap Nul… dijamin bersih…”.

Tinul :” tapi ga usah Dul…. nanti biar aku saja yang membersihkan… lha aku yang memakai dan mengotori kok …masak kamu yang harus membersihkan ”

Dul :” ga apa Nul… santai aja kan sudah biasa aku membersihkan seperti ini”.

Tinul :” ok lah Dul… memang memberikan apa yang menjadi hak orang lain dengan tulus ikhlas akan menumbuhkan penghargaan dan pengharapan meski yang kita berikan hanya sekedar pujian dan ucapan terimakasih ….makasih ya Dul… sudah mau bantu “.

Dul :” hhhhhhh… santai aja Nul… ga usah terima kasih biasa aja..”.

Tinul :” lha ini luar biasa sebenarnya Dul… bukan biasa karena yang biasa itu kalau kamu di dapur ya hanya sekedar ncicipi masakan aja… itu yang biasa…”.

Dul :” hhhhhh… kalau itu pasti Nul… tapi setelah selesai nyuci ya… tapi ncicipinya lebih banyak dikit ya…”.

Tinul :”ooooooo…. modus tho iki “.

Dul :” hhhhhh… kan memberikan sesuai dengan haknya Nul…”.

Tinul :” dasar Kasdulah…”

Met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Senin, 14 Januari 2019, Romo Andita)

Paroki Minomartani