June 25, 2024

Rangkaian Pendampingan Komuni Pertama

Penerimaan Komuni pertama bagi para putra putri yang telah dibabtis sejak bayi merupakan pengalaman pertama mereka menerima Sakramen Ekaristi. Hadirnya Kristus dalam jiwa dan raga menjadi kerinduan tersendiri bagi para putra putri kita dengan berbagai kisahnya masing masing.

Suatu kebanggaan bagi para orang tua mengantar anak anaknya pada peristiwa iman yang bersejarah ini. Kebanggaan pula bagi para pendamping yang telah mendampingi selama kurang lebih dalam 3 bulan membekali putra putri paroki agar cukup kesiapannya dalam menerima komuni untuk pertama kalinya.

Rangkaian pendampingan diawali dengan pertemuan awal, para orangtua dan para calon komuni pertama berkumpul di gereja St Petrus & Paulus Minomartani, pembekalan oleh Romo Fransiscus Anggras MSF, Diakon Krisna MSF serta para pendamping yang tergabung dalam Tim Inisiasi & Katekis Paroki Minomartani.

Setelah pendampingan di setiap hari Minggu selama 3 bulan, Rekoleksi bagi para orang tua/ wali calon komuni pertama dan peserta komuni pertama dilaksanakan. Rekoleksi yang diselenggarakan adalah bentuk rekoleksi yang mengedepankan praktek yang bertujuan untuk mempertebal iman dalam keluarga.

Diwarnai game atau permainan yang mengedukasi para orangtua serta mendukung ikatan erat dalam keluarga. Seperti arahan dari Romo Marcus Crisinus Sadana Hadiwardaya MSF ketika para pendamping membuat rencana awal  pelaksanaan rekoleksi ini.

Romo Sadana MSF di akhir rekoleksi menekankan pentingnya komunikasi antar anggota keluarga sehingga terhindarkan salah berkomunikasi bahkan tidak berkomunikasi. Dari permainan yang telah dijalankan pada rekoleksi tersebut dapat diketahui pada celah mana di keluarga tersebut  terjadi kesenjangan komunikasi sehingga keluarga dapat memperbaiki cara berkomunikasi mereka.

Diharapkan pula dengan berkomunikasi yang baik antar anggota keluarga maka relasi ke atas pada Tuhan Allah kitapun menjadi lebih erat seperti teladan kita Keluarga Kudus, Yesus Maria dan Yusup.

Mereka para calon penerima komuni pertama, mendapatkan sakramen tobat untuk pertama kalinya. Sakramen tobat dilayani oleh Romo kepala Paroki Minomartani MC Sadana Hadiwardaya MSF dan Romo Vikaris Parokial Fransiscus Anggras Prijatno MSF. Dan setelah itu Triduum diisi selama 3 hari berturut turut dengan doa.

Pada tanggal 2 Juni 2024 tibalah penerimaan Komuni Pertama yang bertepatan dengan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Romo Sadana memimpin Misa di Minggu pagi dan menerimakan komuni pada 23 putra putri paroki Minomartani yang hadir didampingi para orang tua atau walinya.

Tentunya belum berakhir sampai di sini rangkaian pendampingan iman bagi para penerima komuni pertama, ada pertemuan Mistagogi yang akan diselenggarakan seminggu kemudian.

Proficiat Tuhan Memberkati

Reported by Komsos Minomartani

Paroki Minomartani