April 25, 2024

Hendak Menerbitkan Majalah, OMK Temanggung Gelar Pelatihan Jurnalistik

[Parokiminomartani.com] – Dalam rangka penerbitan majalah paroki, Orang Muda Katolik (OMK) Paroki St. Petrus dan Paulus Temanggung mengadakan pelatihan Jurnalistik. Pelatihan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Paroki, Selasa, 29/5/2018, diberikan oleh beberapa wartawan dari Jogja yang tergabung dalam komunitas wartawan Katolik Jogja (Wakijo).

Pelatihan tersebut dimulai pukul 10.45 dengan kata pembuka oleh Romo Koko, MSF dan dilanjutkan oleh ketua panitia pelatihan, Mas Mario. Mas Agung  memulai sesi pertama dengan memaparkan tentang apa itu berita dan unsur-unsur dari berita. Ia kemudian mengakhiri dengan nasihat, “Kunci dari menulis adalah membaca.”

Setelah mas Agung ‘turun dari panggung’ kendali diambil mas Kunto yang dengan kemampuan membawa suasananya yang top noch, berhasil membuat suasana menjadi lebih meriah. Dia memulai sesinya dengan game yang berhasil menghidupkan suasana dan memulai tentang inti dari suatu berita. OMK juga dikenalkan dengan istilah baru berupa CHUNKING, atau mencacah berita itu sendiri agar lebih mudah dimengerti yang disertai dengan peragaan dan game menarik agar mudah dimengerti. Mas Kunto juga memberitahukan bahwa sudut pandang sangat penting dalam jurnalistik. “Sumber yang sama dengan waktu yang sama dapat menghasilkan sudut pandang yang berbeda,” tutur mas Kunto.

Panggung kemudian diambil alih oleh Mas Soni sebagai wartawan senior yang sekarang beralih kerja menjadi editor. Beliau menjelaskan tentang jenis-jenis berita yaitu Hard & Straight news sebagai berita yang dibawakan langsung, dan feature news sebagai berita yang diceritakan. Beliau juga memberi tahukan tentang seberapa pentingnya kemampuan seorang wartawan mendapatkan informasi karena banyak kantor berita yang berlomba-lomba menyampaikan suatu berita lebih cepat dari yang lain.

Panggung sekali lagi diambil alih oleh mas Ado yang merupakan seorang pewarta foto. Acara ditutup dengan membangun motivasi kepada OMK agar tanggal 29 Juni 2018 dapat menerbitkan majalah paroki. Setelah itu para peserta berfoto bersama di depan gereja. (Penulis: Abraham Juan Caesar Lumban Gaol, Siswa SMA PL Van Lith Muntilan, kini sedang Live in di salah satu umat di Paroki Minomartani)

Paroki Minomartani