June 24, 2024

Paus Fransiskus Urbi et Orbi Paskah

Paus pada Urbi et Orbi Paskah: Kristus benar-benar bangkit, harapan terlahir kembali untuk semua!

Setelah Misa Minggu Paskah, Paus Fransiskus menyampaikan pesan dan berkat Paskahnya “Kepada Kota dan Dunia”, menggarisbawahi harapan gembira yang dibawa oleh kebangkitan Kristus dan mendorong umat Kristiani untuk menemukan kembali sukacita dalam melayani Tuhan, bekerja untuk perdamaian, dan membantu saudara-saudara kita dan saudara perempuan di dunia yang ditandai dengan begitu banyak penderitaan.
Oleh Tadeus Jones


Paus Fransiskus memberikan pesan Paskah tradisional “Urbi et Orbi” pada hari Minggu, muncul dari loggia pusat Basilika Santo Petrus menghadap ke Lapangan di bawah tempat dia baru saja memimpin Misa pagi Paskah.
Pesan dan pemberkatan Misa dan “Urbi et Urbi” (dari bahasa Latin: ‘Ke kota dan dunia’) disiarkan langsung di siaran di seluruh dunia. Lebih dari seratus ribu orang memenuhi Alun-alun dan jalan-jalan sekitarnya, yang dinavigasi oleh Paus dengan mobil paus saat dia menyapa mereka setelah Misa.
Seperti biasa, bunga-bunga yang disumbangkan oleh toko bunga dari Belanda tampil cemerlang di bawah sinar matahari musim semi yang lembut. Hampir tiga puluh ribu bunga menghiasi alun-alun dan balkon loggia, mengingat tema kehidupan baru, harapan, dan kegembiraan di Paskah.

“Kristus telah bangkit; Dia benar-benar telah bangkit!”
Paus menjelaskan bagaimana kata “benar-benar” dalam proklamasi Paskah menggarisbawahi bahwa kebangkitan Tuhan adalah kenyataan, bukan hanya angan-angan. Dan ini berarti perjalanan umat manusia memiliki pijakan yang pasti dalam harapan dan karena itu dapat bergerak maju dengan percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan sekarang dan ke depan.
Mengingat teladan para murid pertama, saksi kebangkitan, Paus menjelaskan bagaimana mereka semua bergegas untuk memberi tahu orang lain tentang kabar baik ini. Umat manusia dipanggil hari ini juga “bergegas” untuk bertemu Yesus Kristus, tujuan perjalanan kita dan harapan dunia.
“Semoga kita juga bergegas maju dalam perjalanan kepercayaan timbal balik: kepercayaan di antara individu, masyarakat dan bangsa,” katanya. “Semoga kita membiarkan diri kita mengalami kekaguman pada proklamasi Paskah yang penuh sukacita, pada cahaya yang menerangi kegelapan dan kesuraman di mana, terlalu sering, dunia kita menemukan dirinya diselimuti.”
“Semoga kita juga bergegas maju dalam perjalanan kepercayaan timbal balik: kepercayaan di antara individu, bangsa, dan bangsa.”
Melihat upaya mendesak yang diperlukan untuk menyelesaikan konflik dan perpecahan serta menempuh jalan perdamaian dan persaudaraan, Paus memuji mereka yang melakukan semua yang mereka bisa untuk menawarkan bantuan dan menyambut orang-orang yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan. Dia meminta agar Tuhan membuka hati kita semua untuk melakukan hal yang sama.

Source vaticannews.va 

Paroki Minomartani