July 20, 2024

Pembekalan APP 2024

APP Aksi Puasa Pembangunan yang tahun ini mengambil tema
Tinggal dalam Kristus Bertumbuh dalam Iman Berbuah dalam Kesaksian. 

Tema tersebut berangkat dari arah dasar atau ARDAS  Keuskupan Agung Semarang 2021-2025 yaitu  Tinggal dalam Kristus dan Berbuah

Dan itu semua tidak lepas dari Fokus pastoral KAS yaitu Tinggal dalam Kristus berbuah berjalan bersama untuk FIBB Formatio Iman Berjenjang dan Berkelanjutan. Itulah sekelumit pengantar dari Romo Fransiscus Anggras MSF pada acara Pembekalan bagi pemandu APP pada Minggu 11 Februari’24 bertempat di Ruang Fransiskus Minomartani.

Selanjutnya beliau mengatakan bahwa FIBB erat kaitannya dengan jenjang usia, jadi para pemandu diharapkan melibatkan umat dari berbagai jenjang usia untuk terlibat dan berperan dalam APP tahun ini. Dimana tahun 2024 bagi KAS adalah tahun Katakese dengan melaksanakan FIBB.

Melibatkan berbagai jenjang usia pada APP dapat dengan cara berkoordinasi dengan anak muda atau remaja, mereka dapat ditugaskan membaca kitab suci, mengiringi lagu dengan musik dan semacamnya. Pada intinya pertemuan APP atau pun kegiatan yang berkaitan dengan APP dibuka kreatifitas yang seluas luasnya untuk penyampaian materi APP.

Tentunya dengan diadakan pertemuan APP di harapkan ada perubahan melalui puasa dan mati raga. Sehingga berproses dengan semakin memahami imannya dan menghayati jati dirinya sebagai murid Yesus Kristus yg diutus di tengah umat dan masyarakat semakin relevan.

Dengan demikian Formatio Iman menjadikan ungkapan iman peribadatan (kesalehan) perwujudan iman dalam keseharian dan dirasakan oleh banyak orang. Sehingga gerakan APP adalah sebagai Formatio Iman yang mempunyai 4 peran di dalamnya yaitu Kerigmatis, Edukatif, Kuratif dan Transformatif.

Ditegaskan oleh Romo Anggras bahwa ungkapan iman dan perwujudan iman harus selaras diibaratkan “Altar dan Pasar”, tidak timpang di antara keduanya.

Penjelasan untuk Pertemuan I diberikan oleh pewarta kita Ibu Brigitta Atut Nugraheni dengan sub tema : Iman yang Disyukuri dengan Pertobatan.

Pertemuan II oleh Ibu CM Retno Saraswati pada sub tema : Iman yang Mengakar dan Bertumbuh

Adapun pertemuan III oleh Ibu Yashinta Venty sub tema : Iman yang diungkapkan dan Dirayakan.

Pertemuan IV di jelaskan oleh Ibu Yosephine Isana Supiah : Iman yang Diwartakan dan Diwariskan.

Kemudian penjelasan pertemuan V oleh Ibu Yustina Maryati yang merupakan Ketua Bidang Pewartaan Paroki Minomartani. Sub Tema Iman yang Dihidupi dan Diwujudkan.

Beliau menjelaskan tujuan dari pertemuan V APP ini yaitu mengajak seluruh yang hadir untuk menyadari berbuahnya pertumbuhan dan kedalaman iman akan nampak pada perbuatannya,

sehingga diharapkan adanya aksi belarasa sebagai wujud syukur pertobatan selama masa prapaskah. Kemudian pembekalan para pemandu APP lingkungan ditutup dengan doa.

Reported by Komsos Minomartani 

Paroki Minomartani