June 25, 2024

Misteri Tri Tunggal Maha Kudus

Misteri Biarlah Tetap Menjadi Misteri

Perayaan Tri Tunggal Maha Kudus pada Sabtu sore 25 Juni 2024 di Gereja St Yusup Pekerja Condongcatur dipimpin oleh Romo Fransiscus Anggras MSF.

Cukup dijelaskan secara ‘smart” oleh Vikaris Parokial Minomartani ini dengan mengilustrasikan dirinya menjadi tiga pribadi berbeda yang  dapat dikenali namun tetaplah satu personal sehingga para umat yang hadir mengerti dan memahami bahwa Tri Tunggal Maha Kudus yang adalah Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus adalah satu yang dalam tiga kepribadian.

Tri Tunggal Maha Kudus : Allah Pencipta, Allah Penyelamat dan Allah Penyerta akan selalu ada bagi umatNya.

Sudah dinubuatkan dan dinyatakan pada Alkitab Perjanjian Lama, Dialah Allah yang mencipta, Allah Abraham Allah Ishak dan Allah Yakub,  pada Perjanjian Baru, Dialah Allah Penyelamat yaitu Yesus Kristus dan sesudah Yesus naik ke surga hadirlah Dia Allah Penyerta Sang Roh Kudus yang hingga saat ini menyertai kita.

Memang tidaklah sedemikian mudahnya memahami misteri tersebut, terlebih memahami secara logika dan tuntas. Romo Anggras menegaskan bahwa hal tersebut adalah bukan ranah manusia untuk merangkum dan memahami secara pemikiran manusia, karena ada yang lebih besar dan kuasa atas itu. 

 Yang baik kita lakukan adalah membuka hati akan Tri Tunggal Maha Kudus dan tulus mempercayaiNya.

Selamat merayakan Hari Raya Tri Tunggal Maha Kudus

Reported by Komsos Minomartani

Paroki Minomartani