June 25, 2024

Pentakosta dan 100 tahun KWI

Mengawali Misa syukur peringatan Roh Kudus turun atas para Rasul bersamaan dengan peringatan Konferensi Wali Gereja Indonesia ke-100 tahun, Romo Marcus Crisinus Sadana Hadiwardaya, MSF mengajak untuk bersyukur dan memohon terang kebijaksanaan  dari Roh Kudus semoga gerak langkah Keuskupan dan KWI menjadi gerak pastoral gereja yang kontekstual.

Konferensi Waligereja Indonesia (KWI; sebelumnya bernama Majelis Agung Waligereja Indonesia atau MAWI) adalah suatu konferensi waligereja yang menghimpun uskup-uskup Gereja Katolik seluruh Indonesia.

Sebagai suatu lembaga keagamaan, KWI menggalang persatuan dan kerja sama dari Hierarki Gereja Katolik Indonesia dalam tugas pastoral mereka untuk memimpin dan melayani umat Katolik Indonesia. (wikipedia)

Tepatnya pada tanggal 15–16 Mei 1924, sidang para waligereja se-Hindia Belanda (Indonesia) yang pertama diadakan di gedung yang saat ini menjadi pastoran Gereja Katedral Jakarta.

Minggu pagi 19 Mei 2024 di Gereja St Petrus & Paulus Minomartani, Pastor kepala Paroki Romo Sadana Hadiwardaya MSF yang dalam misa tersebut dibantu oleh Diakon Stefanus Krisna Bayu Sulistyo MSF, memberikan homili dan pesan pesannya.

Pentakosta jatuh di hari ke-50 setelah Kebangkitan Tuhan Yesus, tepat 10 hari setelah Kenaikkan Tuhan kita. Seperti yang telah dijanjikan Tuhan Yesus bahwa akan datang Sang Penghibur setelah kepergianNya.

 Romo Sadana memberikan suatu pengalaman perjumpaan dengan suatu keluarga dimana seorang istri yang dengan tulus hati menerima suaminya yang telah meninggalkan dan menyakiti hatinya, Roh Kudus telah menuntun dan menyertai keluarga tersebut dengan mengingatkan akan janji perkawinan mereka yang harus bersama bersatu dalam situasi apapun.

Beliaupun menekankan bahwa sangat penting bagi kita untuk membuka hati bagi Roh Kudus dan dengan percaya untuk menerima daya kekuatanNya, karena Roh kudus memberi kekuatan, penghiburan dalam penderitaan, kesulitan hidup, sesungguhnya tiada yg mustahil bagi yang percaya. Percayalah pada Tuhan karena Roh Kudus akan selalu menyertai kita.

Selamat Hari Raya Pentakosta dan Proficiat 100 tahun KWI

Reported by Komsos Minomartani

Paroki Minomartani