June 25, 2024

Cerpen Renungan: Keberhasilan adalah Mengerjakan yang Harus Dikerjakan

[Parokiminomartani.com] –  Gombloh meski sudah berusaha dengan baik bahkan dengan setia menemani tetapi tetap tidak ada perubahan sama sekali. Maka dia mencoba bertanya kepada si Dul siapa yang kira-kira bisa mengantikan mas Walyo. ” Dul … berhenti sebentar … ada hal penting ini ” pinta Gombloh pada si Dul yang lagi nyapu.

Dul :” ngopo je Mbloh …kelihatannya penting…”.

Gombloh :” aku itu sudah putus asa sama mas Walyo … dari dulu sampai sekarang kok kerjaannya tidak ada kemajuan sama sekali … dari dulu ya gitu-gitu saja “.

Dul :” lha emang ga pernah kamu dampingi ya Mbloh … seharunya ya kamu tungguin sesekali … kamu arahkan …kalau perlu kamu tegur dia…”.

Gombloh :” weeeeh lha sampai pinggangku pegel semua gara-gara nungguin dia … lha bibirku saja sampai kering kerontang kalau ngomong sama dia je … kurang apa aku Dul … rasanya akan aku hadapi kegagalan ini  “.

Dul :” weeeeh gagal piye Mbloh … kan masih berjalan gitu kok kerjaannya”.

Gombloh :” lha kalau gitu-gitu tetus bagaimana ga gagal Dul … ora ono kemajuan”.

Dul :” seharusnya yang kerja kamu bukan mas Walyo….”.

Gombloh :” lha kok aku yang kerja…”.

Dul :” lha iya … biar kerjaan itu ga gagal tapi berhasil …gini lho Mbloh… Kita sebenarnya tidak pernah akan merasakan kesedihan karena sebuah kegagalan. Kegagalan tidak akan pernah terjadi kalau kita melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Kegagalan akan terjadi kalau kita melakukan apa yang seharusnya tidak kita lakukan …lha kan yang kerja mas Walyo jadi ya dia kerja seperti yang bisa dia kerjakan … bukan kerja sesuai dengan ukuranmu…”.

Gomboloh:” bagi mas Walyo itu sudah berhasil ya…”.

Dul :” lha iya Mbloh … kan ukurannya pada dia bukan pada kamu … kalau ini hanya ngobrol terus … bisa gagal aku melaksabakan kerjaanku …wis tak neruske nyapuku Mbloh … kamu selamat menikmati kegagalanmu di atas kesuksesan mas Walyo … met pagi …. semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Selasa, 13 November 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani