April 25, 2024

Cerpen Renungan: Lemah Lembut

[Parokiminomartani] –  Meski sedang menyiapakan segala sesuatunya untuk membuat kopi tubruk dan sarapan pagi, si Dul masih sempat sambil melihat berita di televisi. ” mbok diganti saluran tv-nya Dul …cari acara yang enak di dengar….” pinta Tinul yang dari tadi ikut mendengarkan berita di tv.

Dul :” hhhhh…ini seru kok Nul….”.

Tinul :” seru apanya lha malah bikin emosi saja kok…. seru itu lihat upin ipin…marsha dan bear…cari lagu-lagu…koplok kek…”.

Dul :” hhhhh…ini seru ya Nul…bisa lihat orang-orang yang ga pernah sadar diri…”.

Tinul :” itulah buat kita malah jadi emosi…lha orang bisanya hanya menjatuhkan orang lain…katanya berpendidikan tinggi, katanya ulama, katanya orang yang bijak tapi omongannya dan tindakkannya tidak menampakkan kelembutan hatinya… sebalinya justru senang kalau orang lain menderita….wis tho Dul….ganti upin-ipin..”

Dul :” kenapa harus upin ipin…”.

Tinul :” ya lebih buat damai dan buat ketawa jadi di hati itu nyaman… cepet ganti… kalau ga kamu masak sendiri…”.

Dul :” ok..ok….tak ganti Nul….emang cari orang yang lemah lembuh itu susah karena orang yang lemah lembut adalah orang yang sesungguhnya memiliki kekuatan atau kelebihan, namun dapat menguasi diri dan mengontrol kekuatannya; tidak menyalahgunakan kekuatan dan kuasa yang dimilikinya namun dapat memakai kekuatan itu dengan benar dan bijaksana…”.

Tinul :” nah itu yang ga ada di bapak-bapak yang kamu lihat di tv itu…”.

Dul :” tapi pagi ini tetap ada sarapan tho Nul..”.

Tinul :” ada kalau segera kamu ganti upin ipin kalau ga ya ga ada sarapan…”.

Dul :” siap Nul…”

Met pagi… semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Kamis, 14 Juni 2019, Romo Andita)

Paroki Minomartani