April 22, 2024

Cerpen Renungan: Membuat Orang Benar Jadi Pintar

[Parokiminomartani] –  Tinul melihat Gombloh yang mondar mandir keluar masuk dapur merasa risih, maka dia meneriakan Gombloh yang pas lewat di depannya ” Mbloh…gawean kok hanya jalan bolak balik ga jelas….kalau kamu jalan lurus tadi sudah sampai perempatan jalan desa sana…”.

Gombloh :” sory Nul… sory …lha dari tadi cari-cari ga ketemu je”.

Tinul :” mau ketemu gimana lha kamu hanya jalan bolak-balik masuk dapur kok… mbok duduk diam dulu biar tenang pasti setelah itu akan ingat di mana letak barangnya…. emang kamu cari  apa”.

Gombloh :” cari buku ensiklopedi “.

Tinul :” oooooo… bener kalau namamu itu Gombloh…. cari buku ensiklopedi kok di dapur..”.

Gombloh :” eeeit… siapa tahu kamu atau si Dul mau cari tahu resep masakan tertentu…”.

Tinul :” lha golek resep kok di buku ensiklopedi… lha resep hidup aja ada kok.. mbakyu Darmi kae … terus mau dipakai apa buku itu”.

Gombloh :” mau tak pakai ngajari mas Sronto kae… mau aku beritahu yang benar itu seperti apa biar ga waton ngeyel sok pinter dhewe”.

Tinul :” weeeh ojo kliru Mbloh…. mas Sronto kae memang pinter cuma emang susah diberitahu … maka lebih baik membuat orang benar menjadi pintar dari pada membenarkan orang pintar apalagi orang yang sok pintar…”.

Gombloh :” ya itu masalahnya Nul… atos banget je nak arep ngandani kuwi”.

Tinul :” ya kalau keras ya direbus dulu Mbloh hhhhhh… guyon Mbloh… wis tinimbang ngawe masalah sama mas Sronto… lebih baik bantu aku buat sarapan malah kamu tambah pinter masak Mbloh…”.

Gombloh :” sebenarnya aku mau bantu Nul… tapi daun-daun kering di halaman itu menunggu sentuhan sapu lidiku je…”.

Tinul :” sak karepmu Mbloh ”

Met pagi… semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Senin, 11 Februari 2019, Romo Andita)

foto: Maksimus Maan Kian

Paroki Minomartani