April 25, 2024

Cerpen Renungan: Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

[Parokiminomartani.com] –  Gombloh sambil senam pagi untuk mengendorkan otot-otot dan membuat badan cepat segar dia melakukan senam ringan di pagi hari. ” wuah hidup seperti kamu itu emang enak ya Mbloh… pagi-pagi sudah senam buat badan segar …. nanti selesai mandi … sarapan … kerja … pulang … sitirahat … bagun minum teh hangat … makan malam … istirahat … gitu terus … enak ya Mbloh kalau hidup sudah teratur itu…” sapa si Dul sambil mengomentari kegiatan Gombloh dalam sehari.

Gombloh :” weeeeeeh… elok tenan kamu Dul… sanpai hafal semua kegiatanku selama satu hari…”.

Dul :” tondo tresno Mbloh…”.

Gombloh :” wah ora wae …mosok jeruk makan jeruk…”.

Dul :” ooooooo… pikiran cupet lan ngeres… lha nak aku ora tresno ya ora mungkin peduli sama kamu dan Sarinul kok Mbloh…”.

Gombloh :” iya ya Dul… guyon… lha pagi-pagi sudah omong serius…”.

Dul :” ora serius Mbloh… mung ngrasakke urep koyok kowe itu kepenak serba teratur…”.

Gombloh :” ya sawang sinawang Dul… kelihatanya enak tapi belum tentu kalau kamu menjalani akan mengatakan enak juga..”

Dul :” Lha nyatanya kamu enak saja menjalani gitu kok Mbloh…”.

Gombloh :” kalau aku yang jalani ya karena memang sudah kebiasaan  Dul… maunya ya ada selingan… pindah kegiatan lain… seperti ada remote control itu… bosan siaran ini… pindah siaran itu … bosan pindah lagi… bebas aja gitu lah…”.

Dul :” eeeeeeee… ya ga bisa gitu Mbloh… sejauh aku tahu itu…. dalam kehidupan ini kita tidak memiliki remote control bahkan tangan kita tidak pernah mengenggam remote control. Tidak ada remote control yang ada Kita harus tetap berdiri, berjalan dan terus berkeja agar kita mampu mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik… gitu Mbloh”

Gombloh :” iya sih Dul… sekali kita pindah… pasti akan berpindah pindah lagi … ga iso bersyukur jadinya..”.

Dul :” gene pinter… pinter lagi kalau sekarang kamu mau membelikan gula di warung mbakyu Dharmi… cepet ditunggu Tinul je “.

Gombloh :” disuruh Tinul malah balik nyuruh orang…”.

Dul :” kan remote controlnya ada ditanganku Mbloh… hhhhhh …  Met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Kamis, 29 November 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani