April 22, 2024

Cerpen Renungan: Proses adalah Perjuangan

[Parokiminomartani.com] –  Kali ini tidak seperti biasanya si Dul kelihatan lelah, capek seperti apa yang sudah dilakukannya tidak ada hasilnya sama sekali. Biasanya begitu semangat tapi kali ini mulai tampak lesu. ” Dul … kok pagi ini ga aku dengar suara burung yang biasa berkicau tiap pagi … kenapa ya Dul…” sapa Tinul yang melihat si Dul tidak semangat pagi ini

Dul :” ga tahu….”.

Tinul :” lha emang ga dikasih makanan yang setiap pagi kamu berikan pada mereka “.

Dul :” sudah kok…”.

Tinul : “lha mereka tidak pada datang ya…”

Dul :” ga tahu…”.

Tinul :”…oooooo … tahu aku Dul kenapa ga ada suara burung pagi ini…”.

Dul :” apa…”.

Tinul :” yang karena yang kasih makan burung-burung itu ga ada semangat … ga ada greget … ga ada suka cita… bahkan pagi ini ga aku dengar siulannya..”.

Dul :” iya tho…”.

Tinul :” kenapa tho Dul… kok ga semangat sekali… ada masalah apa “.

Dul :” ga ada apa-apa…”.

Tinul :” tapi kok malas seperti itu … capek ya Dul kerja seperti ini..”.

Dul :” ga juga…”.

Tinul :” lha kok tidak seperti biasanya Dul … mulai lelah ya Dul … ga pernah lihat hasilnya kerjaan yang dilakukan sampai sekarang ini… ga ada hasilnya ya Dul.”

Dul :” ga kok seneng aja lihat meski ga ada hasilnya…”.

Tinul :” oooooo… ya wis tak ambilkan kopi tubruknya ya… tapi ingat Dul… lebih baik kita letih lelah karena proses yang harus kita jalani dari pada kita letih lelah menunggu tanpa berbuat apa selama kita berada selama proses terjadi….”.

Dul :” i ya….”.

Tinul :” bentar tak ambilkan kopinya … met pagi …. senoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Rabu, 21 November 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani