April 25, 2024

Cerpen Renungan: Saat Kebikan Tumbuh dan Berbuah

[Parokiminomartani.com] –  Si Dul yang sesekali bertemu dengan pakdhe Trimo dan hanya sekadar ngobrol ngalor ngidul menjadi kagum dengan pakdhe Trimo. Apalagi pagi ini setelah bertemu dengan pakdhe Trimo si Dul sampai geleng-geleng kepal.  “Kamu itu kenapa Dul … nyapu kok sambil senyum-senyum sama geleng-geleng kepala … sakit ya Dul…” sapa Tinul sambil memegang dahi si Dul untuk merasakan panas atau tidak. ” kok adem … wah gek gek … mulai….”

“Mulai gila gitu….” potong si Dul.

Tinul :” lha piye ora heran …. lha kamu nyapu sambil senyum-senyum dan geleng-gelemg kepala gitu kok … kan seperti orang yang kurang satu strip Dul … ngopo je Dul kok nganeh…nganehi .”

Dul :” biasanya kamu kira kerasukan apa gitu Nul … Sarinul…”.

Tinul :” bisa jadi lho Dul….”.

Dul :” ngawur aja kamu Nul … aku itu hanya heran aja sama pakdhe Trimo … lha tadi itu ketemu dia itu masih santai-santai saja tho … bahkan masih tetap mau membatu orang yang sudah menyakiti dia … lha kalau aku wis ora bakalan tenan..”.

Tinul :’ ya itu bedanya kamu sama pakdhe Trimo … kalau aku tidak heran lihat dia seperti itu Dul … lha dia itu pernah omong sama aku kok waktu aku ke rumahnya ngantar nasi syukuranmu itu…”.

Dul :” ngomong apa Nul…”.

Tinul :” ya ngomong terima kasih karena sudah diperhatikan dan diberi berkat rejeki…”.

Dul :” weeeeeh … buka itu mblenuk … tapi omongan yang disanpaikan ke kamu itu apa..”

Tinul :” ooooo itu … makanya ora usah seneng motong omongan orang … dia itu bicara ke saya gini … kebaikan dalam diri kita tidak akan pernah tumbuh kalau hanya bertemu dengan kebaikan, tetapi kebaikan itu akan tumbuh dan berbuah kalau bertemu dengan kejahatan dan kita mampu untuk menerimanya serta mengampuninya … gitu Kasdulah..”.

Dul :” ooooo … pantes kalau namannya Trimo … lha orangnya menerima apa saja dengan ikhlas…”.

Tinul :” lha kalau Kasdulah artinya apa Dul…”.

Dul :” tanya orang tua ku sana … lha aku sendiri ga tahu artinya je…”.

Tinul :” aku tahu artinya Dul…”.

Dul :” apa artinya Nul…”.

Tinul :” Kasdulah … Kasdulah … Kasihan deh lu…hhhhh”.

Dul :” mboooh … Nul … met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Senin, 5 November 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani