April 25, 2024

Cerpen Renungan: Ucapan Terima Kasih

[Parokiminomartani.com] –  Si Dul tidak pernah melupakan untuk selalu memberikan sebungkus makanan kepada bapak-bapak yang setiap dua kali seminggu mengantarkan telur bebek pesanan Gombloh ” kamu beri apa lagi Dul bapaknya tadi ” sapa Tinul yang setiap kali melihat si Dul memberikan bungkusan.

Dul : “hhhhhhh… biasa Nul sekedar makanan kecil aja biar bisa untuk camilan sambil ngantar pesanan”.

Tinul :” aku itu hanya heran aja Dul… kan itu pesanan Gombloh kok malah kamu yang sering kali memberikan sesuatu kepada bapak yang ngantar telur bebek itu”.

Dul :” lha emang kenapa Nul… dia itu hanya suruhan aja Nul… bukan pemiliknya… jadi ya sekedar ucapan terimakasih aja sih”.

Tinul :” ya seharusnya memberikan itu Gombloh Dul bukan kamu “.

Dul :” ga apa Nul… ini bukan sebuah keharusan tapi hanya sekedar menghargai dan memberikan secara layak karena meski kelihatan apa adanya dan terasa sudah biasa keberadaan orang yang peduli dengan kita, tetapi aku berusaha menjaganya dengan baik karena yang apa adanya dan terasa biasa itulah yang sebenarnya telah membuat diri kita seperti sekarang ini…”.

Tinul : “maksudnya Dul “.

Dul :” lha kan bapak itu sudah bisa ngantar telur pesanan Gombloh… kelihatanya biasa aja tapi tanpa dia telur ga sampai ke sini Nul… akhirnya kita semua bisa menikmati telur bebek tiap minggu … jadinya blenuk seperti kamu sekarang ini “.

Tinul :” ora ngono kuwi tho… ini itu hasil ketekunan dan kesetiaan lho “.

Dul :” setiap menikmati jatahnya Gombloh ya… hhhhhhhh”

Met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Senin, 31 Desember 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani