April 25, 2024

Pergantian Tahun 2022/2023

Perayaan Ekaristi Tutup Tahun 2022 Sabtu 31 Desember 2022 yang sebagian besar bertugas dan hadir adalah para OMK (Orang Muda Katolik) kita.

Ekaristi di pimpin oleh Rm. Metodi Manek, CMF, dan pada kesempatan tersebut memberi homili dan renungan tentang merenungkan waktu. Waktu itu sendiri ada dalam 2 pengertian yang pertama waktu sebagai sebuah kronologi dan yang kedua waktu bersama Allah yaitu Kairos,.

Waktu kronologi adalah waktunya Allah yang terdiri dari rentetan peristiwa peristiwa sepanjang hidup kita. Waktu Kairos adalah waktu yang kita ciptakan bersama Allah , orang yang mampu menciptakan Kairos adalah orang yg bisa mencintai sesama dan masuk dalam rahmat dan tinggal bersama Allah.

Dalam dua  ilustrasi yang di kisahkan oleh Romo Manek yang kebetulan berasal dari Indonesia bagian Timur ini, menggambarka dua orang yang memprioritaskan suatu hubungan dengan memberikan waktu khusus dimana relasi tersebut bisa terjalin dengan selaras akan cinta dan rahmat Allah.

Dalam Injil kita temui bahwa Bunda Maria menciptakan Kairos dengan menyerahkan segala kehendak Allah yang akan terjadi padanya.

Pesan Romo Metodi Manek CMF : Ciptakan Kairos dalam sehari hari, sehingga rentetan peristiwa atau waktu kronologis boleh menjadi suatu  rentetan rahmat, semakin banyaklah kita menciptakan Kairos bagi sesama seperti  pasangan hidup, keluarga, sahabat, komunitas dsb

Kita tutup tahun 2022 dan kita sambut tahun 2023 , Tuhan Berkati

Summarized by Maria Ho

Paroki Minomartani