April 25, 2024

Cerpen Renungan: Bersyukur Saat Ini

[Parokiminomartani] – Gombloh selalu memperhatikan apa saja yang akan dibawa untuk sesuatu yang akan datang, semua dipersiapakan dengan baik ” kamu yakin Mbloh ini harus dibawa…” tanya Si Dul yang setiap hari senin dimintai tolong Gombloh untuk membantu mempersiapkan semuanya

Gombloh :” ya haruslah Dul…kan sudah ada di daftar tho…pokoknya semua yang sudah ada di daftar iti disiapkan aja Dul…”.

Dul masih penasaran :” emang mau dipakai dalam waktu dekat ya Mbloh…”.

Gombloh :” emang kenapa…”

Dul :” sepertinya kok…barang ini tidak akan dipakai dalam waktu dekat…jadi kalau belum dipakai dalam waktu dekat kan bisa ditinggal di rumah dulu Mbloh…besok kalau mau dipakai baru dibawa ke kantor …jadi ga bikin abot bawaan…”.

Gombloh menghela nafas, “Dul hmmmm ….ga apa Dul… kita itu perlu mempersiapkan semuanya untuk sesuatu di waktu yang akan datang….”

Dul :” memang sudah pasti bahwa barang ini akan terpakai Mbloh…”.

Gombloh :” ya terpakai atau tidak kan kita perlu Dul..untuk mempersiakan semuanya agar kita tidak kelabakan tetapi selalu siap sedia jiwa dan raga…gitu ”

Dul :” jadi semua yang akan terjadi nanti perlu direncanakan semuanya gitu ya Mbloh…”.

Gombloh :” lha itu tahu…semua harus direncanakan dengan baik kan kita tahu diri kira, tahu kebiasaan yang kita lakukan bahkan kita tahu apa yang akan terjadi kalau tidak kita persiapkan saat ini…”.

Dul manggut-manggut :” iya ya…hmmmm sepertinya kita itu tahu dan bisa merencanakan keadaan kehidupan kita untuk waktu yang akan datang, apa yang akan terjadi dan apa yang akan kita alami sepertinya semua kita ketahui. Padahal kalau kita sadari dengan hati dan budi yang jujur, kita hanya tahu keadaan kita saat ini dan apa yang bisa kita kerjakan saat ini…”

Gombloh :” justru kita hanya tahu keadaan saat ini makanya keadaan yang akan datang pwrlu dipersiapakan supaya kita bisa menikmati keadaan yang akan datang dengan baik dan melegakan hati …tidak susah”.

Dul :” ya kalau gitu aku tak menikmati yang saat ini Mbloh….” lalu si Dul meletakkan barang yang ada di tangannya kemudia menikmati nasgitel.

Gombloh :’ kok malah ngombe tho..”.

Dul :” aku mau menikmati dan mensyukuri saat ini Mbloh…”

Met pagi…semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Senin, 21 Oktobr 2019, Romo Andita)

Paroki Minomartani