April 25, 2024

Cerpen Renungan: Hidup adalah Proses

[Parokiminomartani.com] –  Tidak seperti biasanya pagi ini si Dul asyik membaca buku cerita. “Dul kalau baca buku cerita itu ya tidak seperti itu,” sapa Tinul yang melihat si Dul membolak-balik halaman buku cerita.

Dul :” lha seharusnya gimana Nul…”.

Tinul :” ya kalau baca buku cerita itu ya dari halaman ke halaman … dari tiap lembar ke lembar berikutnya … jangan membacanya melompat lompat “.

Dul :” hhhhhhh… biar cepet rampung je Nul “.

Tinul :” lha kenapa ga kamu buka dan baca halaman pertama terus langsung buka halaman terakhir yang langsung selesai…”.

Dul :” lha kan yang penting kalau baca buku cerita tahu akhir ceritanya Nul…”.

Tinul :” ya ora ngono kuwi Dul… itu namanya tidak menghargai karya penulis… baca buku cerita yang harus lembar demi lembar Dul …tahu alur ceritanya…”.

Dul :” pinginnya baca bagian yang  happy aja je Nul … makanya tak pilih bagian yang happy aja … seperti hidup ini Nul …mengejar yang bahagia saja “.

Tinul :” waaah wis ora bener kalau itu Dul … kalau hidup tidak seperti membaca buku yang setiap saat kita bisa memulai membuka dan menutup halaman semau kita. Hidup adalah proses yang  terus berjalan dan kita hanya bisa menjalaninya tanpa bisa menghindar dari cerita sedih maupun cerita yang membahagiakan … menerima semuanya dengan ikhlas hati akan membuat warna bahagia dalam setiap lembar halaman hidup kita…”

Dul :” hhhhhh …wis ikhlas aku ya Nul… seperti sekarang ini… aku ikhlas kamu buat sarapan…”

Tinul :” kalau itu bukan ikhlas tapi nyuruh … wis dasar bocah gemblung ..”

Met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Sabtu, 22 Desember 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani