April 25, 2024

Cerpen Renungan: Kepastian yang Sesungguhnya

[Parokiminomartani.com] –  Tinul kembali melihat daftar ibu-ibu yang akan ikut jalan-jalan ke kampung sebelah. Satu persatu di lihat kembali nama-nama dan coba dikontak melalui WA supaya mendapatkan kepastian berapa jumlah ibu-ibu yang ikut. ” weleeeeh kok ndadak di WA lagi Nul …. emang belum pada daftar ya …” tanya Si Dul yang membawakan kopi tubruk.

Tinul: ” sudah pada daftar sih Dul tapi untuk mendapatkan kepastian aja supaya besok itu lebih mudah mengaturnya.”

Dul: ” lha piye sudah ada kepastian semuanya ga Nul…”.

Tinul : “lha ini masalahnya Dul … meski mereka itu sudah pada daftar sering kali pada saatnya mereka tidak jadi ikut … makanya emang harus dipastikan…”.

Dul :” lha sudah memastikan semuanya Nul…”.

Tinul :” lha jawab WA ku aja belum kok Dul … gimana akan ada kepastian … jan susah tenan kok … tinggal jawab ya atau tidak aja kok susah…”

Dul :” bukan ga mau jawab Nul … siapa tahu mereka ga punya kuota internet jadi ga bisa jawab WA dan memberitahu kepadamu…”.

Tinul :” persis itu juga yang menjadi jawaban mereka….”.

Dul :” emang Nul …. segala sesuatu tidak ada yang dapat kita pastikan dengan benar, semua hanya mendekati kebenaran yang kita harapkan, karena kepastian yang sesungguhnya adalah keberadaan diri kita sendiri. Maka lakukan yang pasti bisa dilakukan meski hanya sedrlerhana pasti jadi berkat….”

Tinul :” lha keberadaan mereka sudah pasti … kan masih pada hidup … kemauanya itu yang ga pasti…”.

Dul :” sabar Nul…yang pasti kopinya sudah mulai dingin lho…”.

Tinul :” waaah sory Dul … kalau ga segera distrutup pasti kopinya jadi ga enak …. met pagi …. semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Selasa, 30 Oktober 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani