April 25, 2024

Cerpen Renungan: Mencari Kesalahan Orang Lain

[Parokiminomartani] – Tinul kelihatan marah setelah pulang dari olah raga jalan pagi. ” ladalah kok ono bethari Durgo esok-esok tekan kene…” kementar si Dul yang melihat Tinul pulang dalam keadaan marah karena raut wajahnya jadi memerah.

Tinul :” ora mung marah Dul…pingin tak kletak-kletak orang-orang seperti mereka itu….manusia kok tidak melihat kebaik sedikitapiun…lha punya hati apa tidak “.

Dul :” weh…weh…weh…sabar bethari…kenap tho Sarinul…pulang olah raga itu seharusnya dengan wajah segar…lha kok ini malah wajah yang penuh kemarahan…”.

Tinul :” itu lho tadi mampir ke warung mbakyu Darmi….gara-gara mampir jadi gini…”.

Dul :” eiiit jangan salahkan mampirnya Nul… salahkan telinga atau mata yang mendengar dan melihat sesuatu sampai buat kamu jadi seperti Bethari Durgo…kalau ga usah dengar dan melihat kan ga jadi seperti ini”.

Tinul :”seharusnya malah ga usah mampir tadi itu…biar ga ketemu mereka..”.

Dul :” lha emang kenapa kok sampai seperti ini… ada yang nyakiti kamu…”

Dul :” ga ada sih Dul…hanya ga tahan aja dengar mereka omong dan bersikap seperti itu…lha orang sudah baik-baik hidupnya kok masih juga dicari-cari kesalahnya…emang dirinya ga pernah salah…lha sebaik apapun manusia tetap menjadi tempatnya kesalahan dan dosa… jadi ya ga perlu harus mencari kesalahan dan kejelekan orang lain…cukup lihat diri sendiri lalu perbaiki diri biar hidup jadi berkat orang-orang disekitarnya….”.

Dul :” wah…kalau dunia isinya orang seperti itu ya damai sejahtera hidup kita Nul…tapi ya itu Nul … jaman sekarang semakin kita baik dan benar semakin banyak orang yang tidak menyukai kita….”

Tinul langsung memotong :” lha itu tanda kalau orang ga mampu untuk menjadi baik dan benar Dul…”.

Dul :” bener Nul…tapi kalau kamu ga segera masak aku jd ga mampu berdiri lho ini…wis ngeleh je…”.

Tinul :” ya…ya…ya…sabar ya ”

Met pagi….semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita (Senin, 27 Mei 2019, Romo Andita)

Paroki Minomartani