April 25, 2024

Cerpen Renungan: Mengubah dan Memakai Segala cara

[Parokiminomartani] – Si Dul dengan senang membantu Tinul untuk mewarnai telur-telus yang akan dipakai untuk acara anak-anak nanti di balai pertemuan ” hhhhhhh… kalau telur itu diberi warna yang macam-macam gini pasti anak-anak akan tertarik ya Nul ” ujar si Dul.

Tinul :” lha pasti Dul… jangankan telur… lha anak ayam yang dikasih warna macam-macam itu pasti akan membuat anak-anak pada nangis kok “.

Dul :” weee…lha kok pada nangis Nul..”.

Tinul :” ya pada nangis karena orang tuannya tidak membelikan….”.

Dul :” woooo iya… ora ditukokke mergo mung seneng warnane tapi ora iso ngopenine…”

Tinul :” lha yo kuwi…. mung seneng dienggo dolanan… ora wurung ya malah mati…”.

Dul ;” tapi kok ya tega ya… anak ayam gitu dikasih pewarna bulunya… kan kasian… tidak berperi keayaman …kan bisa buat mati lho”.

Tinul :” hhhhhh… ya ora mikir Dul… sing penting payu lan oleh uang kok…”.

Dul :” emang orang itu kalau menginginkan sesuata atau untuk meraih sesuatu itu selalu mengubakan segala cara… ga peduli cara itu baik atau tidak… merugikan atau tidak bahkan membahayakan atau tidak…sing penting kelakon sing dikarepke…”.

Tinul :” ya itu manusia Dul… tidak mudah bagi kita kalau mengingkan sesuatu tanpa harus merugikan atau bahkan menyakiti pihak lain. Akan lebih indah dan membahagiakan kalau kita menginginkan sesuatu justru memberikan kebahagiaan bagi orang lain…”.

Dul :” waaah ya angel Nul….”.

Tinul :” bisa saja Dul… kalau kita mau berkorban dengan ikhlas”.

Dul :” contohe aku ya Nul… sudah berkorban waktu… tenaga bahkan tanganku sampai blepotan pewarna ini ….lha yang senang itu anak-anak tho…termasuk kamu juga sih “.

Tinul :” kok termasuk aku…”.

Dul :” lha kan kerjaanmu jdi cepet selesai Nul…”

Tinul :” o iya tapi kamu ikhlas tho..”.

Dul :” ikhlas Nul…. seperti telur ini… meski luarnya warna warni tapi dalamnya tetap dua warna kuning dan putih…”.

Met pagi dan selamat paskah….semoga Berkat Tuhan selalu menyertai hidup dan karya kita. (Minggu, 21 April 2019, Romo Andita)

Paroki Minomartani