July 24, 2024

Cerpen Renungan: Tidak Ada Sesuatu yang Sungguh Tidak Berguna

[Parokiminomartani.com] –  Tinul mulai memilah lagi sayuran yang baru saja dibeli di warung mbok Darmi. Tinul memisahkan mana sayuran yang memang masih bisa dimasak mana yang sudah tidak bisa dimasak. Maka.satu persatu sayuran yang tidak dimasak mulai dibuang ke tempat sampah. “lhooo belum-belum kok sudah pada dibuang Nul …” sapa Si Dul

Tinul: “Lha ga dibuang gimana Dul …. lha sudah pada rusak jadi ga bisa dimasak…”.

Dul: “Emang tadinya milih dulu di warung … asal ambil gitu aja…”.

Tinul: “Ya galah …pasti milih-milih dulu bahkan sambil berebut sama ibu-ibu yang lain je.”

Dul: “Lha kok masih ada yang dibuang lagi…”.

Tinul: “Ya kan tetap harus dipilih lagi Dul … emang mau kamu makan sayur yang sudah rusak?”

Dul: “Ya ga mau sih … makanya kalau milihnya yang sungguh baik Nul…”.

Tinul: “Iya je … kelihatanya tadi itu ya baik-baik semua tapi kok setelah sampai di rumah aku lihat lagi masih juga didapatkan yang tidak baik…”.

Dul: “Lha kalau banyak yang dibuang seperti ini jadinya kan rugi kita Nul…”.

Tinul: “Ya rugi kalau tidak kita makan … tapi sayur yang tidak terpakai kan bisa untuk makan ikan Dul … jadi ya ga ada ruginya sih … kamu mau aku masak sayur pakai sayuran yang rusak ini…”.

Dul: “Ya wegahlah … padakke (disamakan) ikan ja … Nul … Nul…”.

Tinul: “Hhhhhhh …. makanya … tidak ada sesuatu yang sungguh tidak berguna, bahkan sesuatu yang kelihatanya tidak berarti bagi kita, itu akan berarti bagi yang lain … jadi kalau ada sesuatu yang tidak digunakan jangan disimpan lebih baik bagikan kepada mereka yang membutuhkan….”.

Dul: “Tepat sekali Nul … kalau gitu … pagi ini kan kamu ga butuh sepeda karena mau masak … jadi sepedanya aku pinjam ya … masak ke rumah mbakyu Welas pakai sepeda tua terus Nul … pinjam ya…”.

Tinul: “Waaah salah omong aku … sak karepmulah Dul … Met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Sabtu, 27 Oktober 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani