April 25, 2024

Cerpen Renungan: Tuhan Akan Memberi Lebih dari yang Kita Harapkan

[Parokiminomartani.com] –  Tinul yang biasanya bersemangat ketika diminta untuk menemani ibu-ibu kampung dalam berekreasi meningkatkan ketrampilan mereka dalam membangun usaha rumah tangga kali ini sudah mulai males bahkan cenderung menolak. ” kenapa tho Nul … kok mecucu seperti itu … biasanya setelah ketemu bu Dukuh itu semangat … kok kali ini yang kelihatan malah manyunnya…” Sapa Si Dul yang melihat ketidakbahagiaan Tinul.

Tinul :” ora ngrasakke Dul … Dul … kalau kamu mengalami seperti yang aku alami, bukan hanya mecucu tapi pasti sudah kamu tinggal pergi..”.

Dul : ” lha emang kenapa kok sampai sebegitu parahnya Nul…”.

Tinul : ” bukan parah sih … tapi aku sudah ga berpengharapan lagi…”.

Dul :” weeeeh … hidup itu harus selalu membangun pengharapan demi pengharapan Nul…”.

Tinul :” bagaimana mau membangun pengharapan Dul … lha dari dulu ya gitu-gitu aja kok ga ada kemajuan sedikitpun je…”

Dul :” lha soal apa je Nul…”.

Tinul :” itu lho soal pelatihan pada ibu-ibu … dari dulu kalau ada pelatihan pada datang … sampai rumah tidak buat apa-apa … lha datang hanya untuk dapat makanan dan uang kehadiran aja … gimana mau membangun pengharapan demi pengharapan Dul…”.

Dul :” ooooooo … alah masalah itu tho … gini Nul … apa yang kita harapkan tidak sepenuhnya akan dapat terwujud namun demikian bukanlah sebuah kesia-sian melainkan kita patut untuk bersyukur dan tetap percaya bahwa di balik pengharapan yang kita miliki GUSTI akan memberikan yang lebih baik dari pada pengharapan yang kita miliki…”.

Tinul :” terus aku kudu piye…”.

Dul :” ya jalani aja apa yang bisa kamu jalani … selanjutnya biar GUSTI yang urus … yang penting kita bisa memberikan yang baik dari apa yang kita miliki…”.

Tinul :” terus ini aku kudu piye…”.

Dul :” ya kalau sekarang sudah saatnya aku dibuatkan kopi tubruk…”.

Tinul :”hmmmmm … ujungnya pahit … Met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Minggu, 25 Oktober 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani