June 25, 2024

Cerpen Renungan: Berusahalah dan Bertahanlah Dalam Kejujuran

[Parokiminomartani.com] – Si Dul yang baru saja membeli barang baru bukanya senang tapi justru marah-marah, “Kurang asem … katanya barangnya ori kualitas nomer satu, baru dipakai beberapa kali saja sudah rusak seperti ini … dasar asem kecut.”

Tinul: “Waleeeh ngopo tho Dul kok muring-muring kuwi.”

Dul: “Delengono Iki Nul … barang anyar dibeli katanya asli tapi baru beberapa kali dipakai sudah rusak seperti ini.”

Tinul: “Sini coba aku lihat Dul … wah pantas cepat rusak … lha ini barangnya palsu Dul … lihat ini.”

Dul: “Masak palsu Nul … lha merknya sama … bentuk dan warnanya juga sama lho Nul … mana tandanya kalau palsu.”

Tinul: “Hhhhhh … tandanya ya cepat rusak itu … jangan lihat bentuk dan warna luarnya Dul … karena sekarang ini barang yang asli dan palsu itu sulit dibedakan … yang membedakan jelas ya kalau dipakai yang palsu pasti tidak awet … alias cepet rusak.”

Dul: “Lha kata yang jual ini barangnya asli.”

Tinul: “Berarti penjualnya itu palsu juga Dul … lha ga jujur … sekarang ini Dul banyak barang yang berkualitas baik itu dipalsukan. Sebagian orang tidak mempermasalahkan barang itu palsu bahkan sebagian orang justru¬† mencari barang yang palsu. Namun kalau manusia yang penuh kepalsuan, bukan hanya ditolak oleh sesamanya tapi pasti juga akan ditolak oleh TUHAN, karena DIA memberikan segalanya tidak pernah palsu … maka berusahalah dan bertahanlah dalam kejujuran … memang barang itu kamu beli di mana?”

Dul: “Hhhhhh … di pasar malam pinggir jalan je.”

Tinul: “Ooooooo … ya selamat menikmati Dul … kalau sudah tidak jujur pasti dapatnya ya yang palsu … met pagi … semoga Tuhan memberkati hidup dan karya kita. (Minomartani, 8 Januari 2018, Romo Andita)

Paroki Minomartani